Kamis, 14 Oktober 2010

Menangkis Bencana Dengan Sedekah

Oleh: Hamba Allah


Menurut ilmu alam bahwa perbedaan suhu akan menimbulkan perbedaan tekanan. Udara yang panas mempunyai tekanan yang rendah, sedangkan udara yang dingin mempunyai tekanan yang tinggi. Udara akan bergerak dari daerah yang bertekanan tinggi ke daerah yang bertekanan rendah. Dengan kata lain, udara akan bergerak dari daerah yang dingin ke daerah yang panas.


Matahari selalu begerak dan beredar di daerah khatulistiwa. Daerah ini akan menerima panas yang lebih besar dibandingkan daerah yang lainnya, seperti daerah subtropics dan daerah kutub. Daerah khatulistiwa mempunyai suhu yang cukup tinggi sedangkan daerah kutub mempunyai suhu yang rendah. Berarti selalu ada angin yang sangat kuat dan dahsyat  bertiup dari daerah kutub ke daerah khatulistiwa, baik dari kutub utara maupun kutub selatan. Angin tersebut mempunyai kecepatan yang sangat tinggi, yang meluluhlantakan apa saja yang berdiri di permukaan bumi. Tetapi kenyataannya hal ini tidak terjadi. Kenapa? Karena ada gunung.

Gunung-gunung yang bertebaran di daerah khatulistiwa merupakan penetral perbedaan suhu tersebut. Jadi gunung mempunyai kekuatan yang sangat hebat. Tetapi pernahkah anda melintasi kawasan jalan tol cikampek. Anda dapat menyaksikan gunung-gunung tersebut dibuldoser. Lembah diurug dan gunung diratakan. Gunung itu digusur oleh kendaraan berat yang terbuat dari besi baja. Gunung itu kalah oleh besi. Jadi besi lebih kuat dari gunung. Tetapi apakah ada yang dapat mengalahkan besi? Tentu anda telah mengetahuinya. Besi itu dapat meleleh oleh api. Buldoser itu sebelumnya hanyalah besi encer. Jadi api lebih kuat dari besi.

Seperti yang telah kita kertahui pula bahwa api dapat dikalahkan oleh air. Seberapa besar apapun api yang berkobar pastilah dapat dipadamkan oleh air. Air adalah senjata utama para petugas pemadam kebakaran. Jadi air lebih kuat dari api.

Pernahkah anda menyaksikan angina topan Tornado?  Angin itu sangat hebat. Air laut di sekitar pantai Amerika terhempas ke daratan akibat hantaman angin. Air itu diombang-ambing tak berdaya. Angin mempunyai kekuatan yang luar biasa. Apakah ada yang dapat mengalahkan angin?

Sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Anas bin Malik, Rasulullah SAW bersabda “Allah Azza wa Jalla menciptakan bumi, maka bumi pun bergetar Kemudian Allah pun menciptakan gunung dengan kekuatan yang telah diberikan kepadanya, ternyata bumi pun terdiam.
Para Malaikat terheran-heran melihat penciptaan gunung tersebut. Kemudiam mereka bertanya. Ya Rabbi adakah sesuatu dalam penciptaan-Mu yang lebih kuat dari gunung? Allah menjawab, “Ada, yaitu besi.
Para malaikat kembali bertanya, “Ya Rabbi, adakah sesuatu dalam penciptaan-Mu yang lebih kuat dari besi? Allah menjawab, “Ada, yaitu api.
Para malaikat kembali bertanya, “Ya Rabbi, adakah sesuatu dalam penciptaan-Mu yang lebih kuat dari api? Allah menjawab, “Ada, yaitu air.
“Ya Rabbi, adakah sesuatu dalam penciptaan-Mu yang lebih kuat dari air? Tanya para malaikat.  Allah pun menjawab, “Ada, yaitu angin.
Akhirnya, para malaikati bertanya lagi, “Adakah sesuatu dalam penciptaan-Mu yang lebih dari semua itu? Allah yang Maha Gagah menjawab, ”Ada, yaitu amal anak Adam yang mengeluarkan sedekah dengan tangan kanannya sementara tangan kirinya tidak mengetahuinya”

Itulah kekuatan sedekah yang dapat mengalah segalanya. Sedekah mempunyai kekuatan yang luar biasa, dapat mengalahkan angin. Jadi agar kita terhindar dari bencana, perbanyak sedekah. Seperti yang diterangkan oleh Rasulullah, “Sedekah dapat menolak bala / bencana”. Sedekah juga penjaga harta, bahkan  dapat menyembuhkan penyakit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar