Minggu, 19 September 2010

Manfaat Sedekah

Oleh: Ustadz Yusuf Mansur

Rasulullah pernah berkata bahwa sedekah itu memiliki empat manfaat:

1. Sedekah mengundang datangnya rezeki
Semakin banyak kita mengeluarkan sedekah, maka semakin banyak pula rezeki. Hanya karena banyaknya perbuatan dosa dan maksiat kita, mungkin, yang menyebabkan fadilah sedekah ‘berbunyi’ untuk menghapuskan maksiat dan dosa. Bukan mendatangkan uang yang lebih banyak.
Tapi biarlah, ‘enggak apa-apa’. Bukankah penghapusan dosa pun sudah merupakan rezeki yang teramat besar? Dan lagi, selayaknya abdi Allah, apapun yang kita lakukan, termasuk sedekah ini, adalah dalam rangkaian untuk merengkuh ridha-Nya, bukan sekedar untuk mendatangkan lagi rezeki yang lebih banyak.

2. Sedekah menyembuhkan penyakit
Saudara, orang lebih suka membeli obat. Padahal kata Rasul, sedekah itu bisa menyembuhkan penyakit. Jadi, kenapa kita terus membeli obat, kenapa kita tidak beli saja penyakitnya? Yaitu dengan mengeluarkan sedekah sebanyak-banyaknya. Bersedekahlah untuk menggapai ridha-Nya. Insya Allah, di antara dampaknya adalah kesembuhan bagi penyakit yang kita rasakan.
Secara ‘gurau’, saya suka mengungkapkan hal ini; Allah menjanjikan melipatgandakan sedekah kita hingga 700x lipat. Andai sedekah seratus ribu rupiah ‘menghasilkan’ 70 juta rupiah, maka ia akan membantu proses penyembuhan, jika penyembuhan itu memakan biaya puluhan juta rupiah. Inilah yang suka saya sebut; daripada membeli obat  -dan biaya berobat- hingga 70 juta rupiah, bukankah lebih baik kita bersedekah. Untuk penyakit yang berukuran 70 juta, keluarkan saja seratus ribu rupiah. Bila Anda merasa penyakit Anda ini sebab dosa dan kesalahan, misalnya, ya keluarkan saja semakin banyak sedekah. Sekali lagi, untuk membersihkan diri, dan untuk penyembuhan; sebagai dampak dari pengharapan ridha-Nya.

3. Sedekah menghilangkan kesulitan dan menghilangkan musibah
Rasulullah pernah bersabda, jika seseorang ‘kepengeeen’ betul dihilangkan kesulitannya, diringankan bebannya, dan ditolong semua permasalahannya, maka dia harus membantu mereka yang lebih susah, lebih menderita, dan lebih bermasalah. Dan bersedekah adalah salah satu cara utama membantu orang lain.

4. Sedekah memanjangkan umur
Dengan bersedekah, hidup dan kehidupan sudah mengundang datangnya kebaikan. Semakin banyak kebaikan yang datang, semakin penuh diri dengan kebaikan. Dan kehidupan yang berisi dengan kebaikan adalah menjadikan hidup itu sendiri menjadi lebih berkualitas.

Untuk lebih mendorong supaya kita mau beramal saleh, dimana salah satu bentuk amal saleh adalah bersedekah, mari kita lihat firman Allah berikut ini:

“...Dan barangsiapa yang disempitkan rezekinya, maka hendaklah dia mengeluarkan sebagian dari apa yang Allah berikan kepadanya…”  (QS. At-Talaaq 65:7)
“Dan belanjakanlah sebagian dari apa yang kami berikan rezeki kepadamu sebelum kematian datang kepada seseorang di antara kamu, lalu dia berkata, ya Tuhanku, kenapa tidak Engkau tangguhkan kematianku, supaya aku bisa bersedekah dan menjadi orang yang saleh.” (QS. Al-Munafiqun 63:10)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar